Get Adobe Flash player

Buku Simulasi Digital Jilid 1 K13


DISKLAIMER (DISCLAIMER)
Penerbit tidak menjamin kebenaran dan keakuratan isi/informasi yang tertulis di dalam buku teks ini. Kebenaran dan keakuratan isi/informasi merupakan tanggung jawab dan wewenang dari penulis.
Penerbit tidak bertanggung jawab dan tidak melayani terhadap semua komentar apapun yang ada didalam buku teks ini. Setiap komentar yang tercantum untuk tujuan perbaikan isi adalah tanggung jawab dari masing-masing penulis.
Setiap kutipan yang ada di dalam buku teks akan dicantumkan sumbernya dan penerbit tidak bertanggung jawab terhadap isi dari kutipan tersebut. Kebenaran keakuratan isi kutipan tetap menjadi tanggung jawab dan hak diberikan pada penulis dan pemilik asli. Penulis bertanggung jawab penuh terhadap setiap perawatan (perbaikan) dalam menyusun informasi dan bahan dalam buku teks ini.
Penerbit tidak bertanggung jawab atas kerugian, kerusakan atau ketidaknyamanan yang disebabkan sebagai akibat dari ketidakjelasan, ketidaktepatan, atau kesalahan di dalam menyusun makna kalimat didalam buku teks ini.
Kewenangan Penerbit hanya sebatas memindahkan atau menerbitkan, mempublikasi, mencetak, memegang, dan memroses data sesuai dengan undang-undang yang berkaitan dengan perlindungan data.
Katalog Dalam Terbitan (KDT)
Simulasi Digital Edisi Pertama 2013
Kementerian Pendidikan & Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Direktorat Pembinaan SMK
Jakarta, 2013.
iii
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa atas tersusunnya buku teks ini, dengan harapan dapat digunakan sebagai buku teks untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan.
Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21 menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers-centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student-centered), dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara belajar peserta didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL.
Buku teks “Simulasi Digital” ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.
Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran “Simulasi Digital” ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan saintifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengucapkan terima kasih sekaligus menyampaikan penghargaan kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam membantu menyelesaikan buku teks siswa mata pelajaran ″Simulasi Digital” kelas X / Semester 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini.
Jakarta, 12 Desember 2013
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA
iv
DAFTAR ISI
DISKLAIMER (DISCLAIMER)..................................................................................ii
KATA PENGANTAR ...............................................................................................iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................iv
DAFTAR GAMBAR .................................................................................................x
DAFTAR TABEL................................................................................................. xviii
BAB I ....................................................................................................................... 1
PENDAHULUAN..................................................................................................... 1
Deskripsi Mata Pelajaran Simulasi Digital .......................................................... 2
A. Pengelolaan Informasi Digital............................................................... 3
B. Kelas Maya ........................................................................................... 3
C. Perancangan Visualisasi Konsep......................................................... 4
BAB II ...................................................................................................................... 5
PENGELOLAAN INFORMASI DIGITAL................................................................. 5
Deskripsi .............................................................................................................. 5 Letak jari pada papan ketik ................................................................................. 6
Kegiatan Belajar 1: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi – Pemanfaatan Aplikasi Pengolah Kata ....................................................................................... 9
A. Tujuan Pembelajaran............................................................................ 9
B. Uraian Materi ........................................................................................ 9
C. Rangkuman......................................................................................... 30
D. Tugas .................................................................................................. 30
E. Tes Formatif........................................................................................ 30
F. Lembar Jawaban Tes Formatif........................................................... 30
G. Lembar Kerja Anda............................................................................. 31
Kegiatan Belajar 2: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi – Pemanfaatan Aplikasi Pengolah Angka................................................................................... 32
A. Tujuan Pembelajaran.......................................................................... 32
B. Uraian Materi ...................................................................................... 32
C. Rangkuman......................................................................................... 44
D. Tugas .................................................................................................. 45
E. Tes Formatif........................................................................................ 45
F. Lembar Jawaban Tes Formatif........................................................... 45
G. Lembar Kerja Anda............................................................................. 46
v
Kegiatan Belajar 3: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi – Pemanfaatan Aplikasi Presentasi ............................................................................................ 46
A. Tujuan pembelajaran.......................................................................... 47
B. Uraian Materi ...................................................................................... 47
C. Rangkuman......................................................................................... 56
D. Tugas .................................................................................................. 57
E. Tes Formatif........................................................................................ 57
F. Lembar Jawaban Tes Formatif........................................................... 57
G. Lembar Kerja Anda............................................................................. 58
Kegiatan Belajar 4: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi - Pemanfaatan Mesin Pelacak ................................................................................................... 58
A. Tujuan Pembelajaran.......................................................................... 59
B. Uraian Materi ...................................................................................... 59
C. Rangkuman......................................................................................... 63
D. Tes Formatif........................................................................................ 64
E. Lembar Jawaban Tes Formatif........................................................... 64
F. Lembar Kerja Anda............................................................................. 64
Kegiatan Belajar 5: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi - Teknik Presentasi 65
A. Tujuan Pembelajaran.......................................................................... 65
B. Uraian Materi ...................................................................................... 65
C. Rangkuman......................................................................................... 76
D. Tugas .................................................................................................. 76
E. Tes Formatif........................................................................................ 76
F. Lembar Jawaban Tes Formatif........................................................... 77
G. Lembar Kerja Anda............................................................................. 78
Kegiatan Belajar 6: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemahaman pengertian komunikasi dalam jaringan ........................... 79
A. Tujuan Pembelajaran.......................................................................... 79
B. Uraian Materi ...................................................................................... 79
C. Rangkuman......................................................................................... 85
D. Tugas .................................................................................................. 86
E. Tes Formatif........................................................................................ 86
F. Lembar Jawaban Tes Formatif........................................................... 87
G. Lembar Kerja Anda............................................................................. 88
Kegiatan Belajar 7: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan sinkron ............. 89
vi
A. Tujuan Pembelajaran.......................................................................... 89
B. Uraian Materi ...................................................................................... 89
C. Rangkuman....................................................................................... 104
D. Tugas ................................................................................................ 104
E. Tes Formatif...................................................................................... 104
F. Lembar Jawaban Tes Formatif......................................................... 104
G. Lembar Kerja Anda........................................................................... 105
Kegiatan Belajar 8: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan asinkron ......... 107
A. Tujuan Pembelajaran........................................................................ 107
B. Uraian Materi .................................................................................... 107
C. Rangkuman....................................................................................... 123
D. Tugas ................................................................................................ 123
E. Tes Formatif...................................................................................... 123
F. Lembar Jawaban Tes Formatif......................................................... 124
G. Lembar Kerja Anda........................................................................... 125
Kegiatan Belajar 9: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan sesuai dengan etika kewargaan digital (Digital Citizenship) ................................................... 127
A. Tujuan Pembelajaran........................................................................ 127
B. Uraian Materi .................................................................................... 127
C. Rangkuman....................................................................................... 134
D. Tugas ................................................................................................ 134
E. Tes Formatif...................................................................................... 134
F. Lembar Jawaban Tes Formatif......................................................... 135
G. Lembar Kerja Anda........................................................................... 135
Kegiatan Belajar 10: Menerapkan Pengetahuan Tentang Keikutsertaan Dalam Pembelajaran Melalui Kelas Maya – Pemanfaatan Kelas Maya.................... 137
A. Tujuan Pembelajaran........................................................................ 139
B. Uraian Materi .................................................................................... 139
C. Rangkuman....................................................................................... 149
D. Tugas ................................................................................................ 150
E. Tes Formatif...................................................................................... 151
F. Lembar Jawaban Tes Formatif......................................................... 152
G. Lembar Kerja Siswa.......................................................................... 153
Kegiatan Belajar 11: Menerapkan Pengetahuan Tentang Keikutsertaan Dalam Pembelajaran Melalui Kelas Maya – Akun, Profil, dan Note dalam Edmodo 155
A. Tujuan Pembelajaran........................................................................ 155
B. Uraian Materi .................................................................................... 155
vii
C. Rangkuman....................................................................................... 173
D. Tugas ................................................................................................ 174
E. Tes Formatif...................................................................................... 174
F. Lembar Jawaban Tes Formatif......................................................... 175
G. Lembar Kerja Siswa.......................................................................... 177
Kegiatan Belajaran 12: Menerapkan Pengetahuan Tentang Keikutsertaan Dalam Pembelajaran Melalui Kelas Maya-Backpack dalam Edmodo .......................... 179
A. Tujuan Pembelajaran........................................................................ 179
B. Uraian Materi .................................................................................... 179
C. Rangkuman....................................................................................... 186
D. Tugas ................................................................................................ 186
E. Tes Formatif...................................................................................... 186
F. Lembar Jawaban Tes Formatif......................................................... 187
G. Lembar Kerja Siswa.......................................................................... 188
Kegiatan Belajar 13: Menerapkan Pengetahuan Tentang Keikutsertaan Dalam Pembelajaran Melalui Kelas Maya – Tugas dan Ujian dalam Edmodo ......... 219
A. Tujuan Pembelajaran........................................................................ 219
B. Uraian Materi .................................................................................... 219
C. Rangkuman....................................................................................... 231
D. Tes Formatif...................................................................................... 231
E. Lembar Jawaban Tes Formatif......................................................... 232
F. Lembar Kerja Siswa.......................................................................... 234
Kegiatan Belajar 14: Menerapkan Pengetahuan Tentang Keikutsertaan Dalam Pembelajaran Melalui Kelas Maya – Fitur-fitur Tambahan dalam Edmodo... 235
A. Tujuan Pembelajaran........................................................................ 235
B. Uraian Materi .................................................................................... 235
C. Rangkuman....................................................................................... 241
D. Tes Formatif...................................................................................... 241
E. Lembar Jawaban Tes Formatif......................................................... 241
F. Lembar Kerja Siswa.......................................................................... 242
Kegiatan Belajar 15: Menerapkan Pengetahuan Tentang Keikutsertaan Dalam Pembelajaran Melalui Kelas Maya - Penulisan simbol, rumus, dan persamaan matematika dalam Edmodo ............................................................................ 243
A. Tujuan Pembelajaran........................................................................ 243
B. Uraian Materi .................................................................................... 243
C. Rangkuman....................................................................................... 246
D. Tugas ................................................................................................ 246
E. Lembar Kerja Siswa.......................................................................... 246
viii
Kegiatan Belajar 16: Menerapkan Pengetahuan Tentang Keikutsertaan Dalam Pembelajaran Melalui Kelas Maya - Keikutsertaan dalam Edmodo.................. 224
A. Tujuan Pembelajaran........................................................................ 249
B. Tugas ................................................................................................ 249
C. Lembar Kerja Siswa.......................................................................... 249
BAB IV................................................................................................................. 251
PERANCANGAN VISUALISASI KONSEP......................................................... 251
Kegiatan Belajar 17: Perancangan Visualisasi Konsep РMenalar Id̩.......... 251
A. Tujuan Pembelajaran........................................................................ 251
B. Uraian Materi .................................................................................... 251
C. Rangkuman....................................................................................... 255
D. Tugas ................................................................................................ 256
E. Tes Formatif...................................................................................... 257
F. Lembar Jawaban Tes Formatif......................................................... 257
G. Lembar Kerja Siswa.......................................................................... 258
Kegiatan Belajar 18: Perancangan Visualisasi Konsep – Konsep Produk dan Mengomunikasikan Konsep............................................................................ 259
A. Tujuan Pembelajaran........................................................................ 259
B. Uraian Materi .................................................................................... 259
C. Rangkuman....................................................................................... 261
D. Tugas ................................................................................................ 261
E. Tes Formatif...................................................................................... 261
F. Lembar Jawaban Tes Formatif......................................................... 262
G. Lembar Kerja Siswa.......................................................................... 262
Kegiatan Belajar 19: Perancangan Visualisasi Konsep – Meneroka Visualisasi, Bentuk Visualisasi dan Visualisasi dalam Simulasi Digital............................. 263
A. Tujuan Pembelajaran........................................................................ 263
B. Uraian Materi .................................................................................... 263
C. Rangkuman....................................................................................... 267
D. Tugas ................................................................................................ 267
E. Tes Formatif...................................................................................... 267
F. Lembar Jawaban Tes Formatif......................................................... 268
G. Lembar Kerja Siswa.......................................................................... 268
Kegiatan Belajar 20: Perancangan Visualisasi Kosep - Tahap Praproduksi: Sinopsis, Naskah dan Storyboard................................................................... 269
A. Tujuan Pembelajaran........................................................................ 269
B. Uraian Materi .................................................................................... 269
C. Rangkuman....................................................................................... 275
D. Tugas ................................................................................................ 275
ix
E. Tes Formatif...................................................................................... 275
F. Lembar Jawaban Tes Formatif......................................................... 276
G. Lembar Kerja Siswa.......................................................................... 276
BAB V.................................................................................................................. 277
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................ 277

karena jumlah halamannya sangat buanyak, maka saya tampilkan daftar isinya saja, jika ada yang berminat, silahkan kontak saja, nanti insaallah saya kirim via email....

Ditulis Oleh : Unknown ~ alias Maksum

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Buku Simulasi Digital Jilid 1 K13 yang ditulis oleh Bocah Rumbia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Bocah Rumbia

2 comments:

Back to top