KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1 Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
1.2 Berpegang teguh
kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad sebagai pedoman hidup.
1.3 Meyakini kebenaran
hukum Islam.
1.4 Berpakaian sesuai
dengan ketentuan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari.
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8, dan Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits
terkait.
2.2 Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait.
2.3 Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan. (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits yang terkait.
2.4 Menunjukkan
perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits yang terkait.
2.5 Menunjukkan sikap
semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait.
2.6 Menunjukkan sikap
keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku
adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir.
2.7 Menunjukkan sikap
tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman
strategi dakwah Nabi di Mekah.
2.8 Menunjukkan sikap
semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Nabi di
Madinah.
|
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Menganalisis Q.S.
Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10;
serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3.2 Memahami manfaat
dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan
persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan.
3.3 Menganalisis Q.S.
Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan
pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.4 Memahami manfaat
dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.5 Memahami makna
Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl,
dan al-Akhiir.
3.6 Memahami makna
beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
3.7 Memahami Q.S.
At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
3.8 Memahami kedudukan
Alquran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
3.9 Memahami
pengelolaan wakaf.
3.10.1. Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasullullah saw. di Mekah.
3.10.2. Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. di Madinah.
|
4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
4.1.1 Membaca Q.S.
Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10,
sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat
(49) : 10 dengan lancar.
4.2.1 Membaca Q.S.
Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan
makhrajul huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2 dengan lancar.
4.3 Berperilaku yang
mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan
perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna
al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
4.4 Berperilaku yang mencerminkan
kesadaran beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
4.5 Menceritakan
tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu
4.6 Menyajikan
macam-macam sumber hukum Islam
4.7.1 Menyajikan dalil
tentang ketentuan wakaf
4.7.2 Menyajikan
pengelolaan wakaf
4.8.1 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah
4.8.2 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah
|
0 comments:
Post a Comment