Get Adobe Flash player

Proposal PKP UT


Latar Belakang Masalah
Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting bagi perkembangan individu di masa yang akandatang. Keberhasilan suatu pendidikan dipengaruhi oleh keadaan siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran.
Keberhasilan dalam suatu pembelajaran dapat terlihat dari nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Pada pembelajaran IPA tentang sifat dan perubahan wujud benda di SD Negeri 4 Rekso Binangun Kecamatan Rumbia ditemukan hasil latihan menujukkan bahwa siswa belum begitu menguasai materi, hal ini terlihat baru 2 siswa dari 10 siswa yang mendapat nilai diatas KKM.Hal tersebut disebabkan karena guru dalam menyampakan materi  belum menggunakan media pembelajaran sehingga murid merasa bosan dan tidak memperhatikan pelajaran yang mengakibatkan nilai mereka menjadi rendah,Oleh sebab itu, penulis mengadakan penelitian perbaikan dengan judul  “ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA  PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG SIFAT BENDADAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN MEDIA BENDA NYATA  DI KELAS IV SDN 4 REKSO BINANGUN KECAMATAN RUMBIA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH”.
1.             Identifikasi Masalah
Berdasarkan hasil dari penelitian ditemukan beberapa kendala yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran antara lain:
a.             Siswa kurang memperhatikan pelajaran
b.             Siswa kurang aktif dan belum bisa memahami materi pembelajaran
c.              Siswa belum dapat menjawab pertanyaan guru dengan tepat
d.             Banyak siswa memperoleh hasil belajar yang rendah

2.             Analisis Masalah
Berdasarkan pendapat teman sejawat diketahui faktor penyebab yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang sifat benda dan perubahan  wujud benda di SD Negeri 4 Rekso Binangun Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah adalah sebagai berikut:
a.             Guru menyampaikan materi terlalu cepat
b.             Guru tidak menggunakan media pembelajaran
c.              Pembelajaran kurang menarik
d.             Guru tidak memggunakan Lembar Kerja Siswa
e.              Kurangnya perhatian guru terhadap siswa
3.             Aternatf dan prioritas pemecahan masalah
Dilihat dari analisis yang ada, alternatif dan prioritas pemecahan masalah yang dapat dilaksanakan adalah guru menggunakan media benda nyata  dalam pembelajaran IPA tentang sifat benda dan perubahan wujud benda di SD Negeri 4 Rekso Binangun Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah 
Untuk lebih lengkapnya Klik Disini

Ditulis Oleh : Unknown ~ alias Maksum

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Proposal PKP UT yang ditulis oleh Bocah Rumbia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Bocah Rumbia

0 comments:

Post a Comment

Back to top