RPP FISIKA K13 TERBARU



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : SMK BINTANG NUSANTARA
Mata Pelajaran                       : Fisika
Kelas/Semester                     : X/Semester 1
Materi Pembelajaran             : Gerak Lurus
Alokasi Waktu                       : 6 JP (3 x 2JP)

A.             Kompetensi Inti
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.              Kompetensi Dasar
1.1.         Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.         Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik  fenomena gerak, fluida dan kalor
2.1.     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan
2.2.     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.2      Memahami gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan konstan
4.2      Menyajikan data dan grafik hasil percobaan perpindahan - waktu untuk mengetahui, kecepatan, dan kecepatan –waktu  untuk mengetahui percepatan
C.              Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1  Memami kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
3.1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa terhadap fenomena gerak
3.2.1 Menampilkan prilaku ilmiah dalam kehidupan sehari-hari
3.2.2 Membangun kelompok untuk melakukan percobaan
3.3.1 Mempelajari prinsip-prinsip gerak lurus
3.3.2 Menentukan kecepatan benda meluncur
3.3.3 Menentukan percepatan benda meluncur
3.4.1 Mengumpulkan data dari hasil percobaan
D.             Deskripsi Materi Pembelajaran
1.      Posisi dan Kedudukan
2.      Gerak Lurus Beraturan (GLB)
3.      Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
E.              Kegiatan Pembelajaran
1.       Pertemuan Pertama : (2JP)
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·        Berdoa
·        Apersepsi (Guru bertanya “apakah siswa sudah pernah mendengar istilah gerak lurus)
·        Orientasi (Guru menampilkan gambar/video yang berhubungan dengan materi  gerak lurus)
·        Motivasi (Memberi contoh tentang manfaat mempelajari gerak)
·        Menyampaikan tujuan pembelajaran
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Mengamati demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
Menanya
·         Mendiskusikan perbedaan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
60 menit
Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
·         Guru memberikan memberikan penghargaan kepada kelompok yang bekerja baik.
·         Guru memberikan Tugas Rumah tentang GLB dan GLBB sebagai bahan pertemuan selanjtnya.
15 menit

2.       Pertemuan Kedua ( 2 JP)
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·        Berdoa
·        Orientasi (Guru menampilkan gambar/video yang berhubungan dengan materi  gerak lurus)
·        Menyampaikan tujuan pembelajaran
15 menit
Kegiatan Inti
Mengeksplorasi
·         Melakukan percobaan gerak lurus dengan kecepatan konstan (missal: dengan menggunakan mobil mainan bertenaga baterai)
·         Melakukan percobaan gerak lurus dengan percepatan konstan (misal: menggunakan vilocitometer).
Mengasosiasi
·         Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak lurus dengan kecepatan konstan.
·         Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak lurus dengan percepatan konstan.
60 menit
Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
·         Guru memberikan memberikan penghargaan kepada kelompok yang bekerja baik.
15 menit

3.       Pertemuan Ke 3
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·        Berdoa
·        Menyampaikan tujuan pembelajaran
15 menit
Mengomunikasikan
·               Membuat laporan tertulis hasil percobaan benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan dalam bentuk grafik
·               Mempresentasikan laporan secara singkat
60 menit
Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
·         Guru memberikan memberikan penghargaan kepada kelompok yang bekerja baik.
15 menit

F.         Penilaian
1.    Tekni Penilaian
1.1  Tes Tertulis dan Tes Lisan
1.2  Observasi
1.3  Penilaian praktek
2.    Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
2.1  Soal Pilihan ganda dan uraian dengan bobot penskoran sesuai dengan bobot soal.
2.2  Lembar observasi
Penskoran
2.3  Lembar praktik
G.        Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.    Media/alat
1.1  Video pembelajaran
1.2  Projektor
1.3  Labtob
1.4  Papan Luncur
1.5  Stop Watc
2.    Bahan
2.1  meja
2.2  batu
2.3  kubus
3.    Sumber belajar
3.1  Buku teks pelajaran
3.2  Lembar Kerja
3.3  Lembar tabulasi pengamatan siswa


Menyetujui
Kepala Sekolah






SRININGSIH, S.Pd
NIY. 196605151211003
Rumbia, ………………………… 2014
Guru Mata Pelajaran






MAKSUM, S.Pd
NIY. 198404131211008

Ditulis Oleh : Unknown ~ alias Maksum

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul RPP FISIKA K13 TERBARU yang ditulis oleh Bocah Rumbia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Bocah Rumbia

0 comments:

Post a Comment

Get Adobe Flash player
Back to top