RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMK BINTANG NUSANTARA
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester :
X/Semester 1
Materi Pembelajaran :
Gerak Lurus
Alokasi Waktu :
6 JP (3 x 2JP)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar
1.1.
Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang mengatur
karakteristik fenomena gerak, fluida dan
kalor
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan
2.2.
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
3.2
Memahami
gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan konstan
4.2 Menyajikan data
dan grafik hasil percobaan perpindahan - waktu untuk mengetahui, kecepatan, dan
kecepatan –waktu untuk mengetahui
percepatan
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1
Memami kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
3.1.2 Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan Yang Maha Esa terhadap fenomena gerak
3.2.1 Menampilkan prilaku ilmiah
dalam kehidupan sehari-hari
3.2.2 Membangun kelompok untuk
melakukan percobaan
3.3.1 Mempelajari prinsip-prinsip gerak
lurus
3.3.2 Menentukan kecepatan benda
meluncur
3.3.3 Menentukan percepatan benda
meluncur
3.4.1 Mengumpulkan data dari hasil
percobaan
D.
Deskripsi Materi Pembelajaran
1. Posisi dan Kedudukan
2. Gerak Lurus Beraturan (GLB)
3. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama : (2JP)
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Berdoa
·
Apersepsi (Guru
bertanya “apakah siswa sudah pernah mendengar istilah gerak lurus)
·
Orientasi (Guru
menampilkan gambar/video yang berhubungan dengan materi gerak lurus)
·
Motivasi
(Memberi contoh tentang manfaat mempelajari gerak)
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Mengamati demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus
dengan percepatan konstan
Menanya
·
Mendiskusikan perbedaan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan
konstan
|
60 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta
mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
·
Guru memberikan memberikan penghargaan kepada kelompok yang
bekerja baik.
·
Guru memberikan Tugas Rumah tentang GLB dan GLBB sebagai bahan pertemuan
selanjtnya.
|
15 menit
|
2. Pertemuan Kedua ( 2 JP)
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Berdoa
·
Orientasi (Guru
menampilkan gambar/video yang berhubungan dengan materi gerak lurus)
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengeksplorasi
·
Melakukan percobaan gerak lurus dengan kecepatan konstan (missal: dengan menggunakan mobil mainan
bertenaga baterai)
·
Melakukan percobaan gerak
lurus dengan percepatan konstan (misal: menggunakan vilocitometer).
Mengasosiasi
·
Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak lurus dengan kecepatan konstan.
·
Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak lurus dengan percepatan konstan.
|
60 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta
mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
·
Guru memberikan memberikan penghargaan kepada kelompok yang
bekerja baik.
|
15 menit
|
3. Pertemuan Ke 3
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Berdoa
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
Mengomunikasikan
·
Membuat laporan
tertulis hasil percobaan benda yang bergerak lurus dengan kecepatan
konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan dalam bentuk grafik
·
Mempresentasikan
laporan secara singkat
|
60 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta
mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
·
Guru memberikan memberikan penghargaan kepada kelompok yang
bekerja baik.
|
15 menit
|
F.
Penilaian
1.
Tekni Penilaian
1.1 Tes
Tertulis dan Tes Lisan
1.2 Observasi
1.3 Penilaian
praktek
2.
Instrumen penilaian dan pedoman
penskoran
2.1 Soal
Pilihan ganda dan uraian dengan bobot penskoran sesuai dengan bobot soal.
2.2 Lembar
observasi
Penskoran
2.3 Lembar
praktik
G.
Media/Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media/alat
1.1 Video
pembelajaran
1.2 Projektor
1.3 Labtob
1.4 Papan
Luncur
1.5 Stop
Watc
2.
Bahan
2.1 meja
2.2 batu
2.3 kubus
3.
Sumber belajar
3.1 Buku teks pelajaran
3.2 Lembar
Kerja
3.3 Lembar
tabulasi pengamatan siswa
Menyetujui
Kepala Sekolah
SRININGSIH,
S.Pd
NIY. 196605151211003
|
Rumbia, ………………………… 2014
Guru Mata Pelajaran
MAKSUM, S.Pd
NIY. 198404131211008
|
0 comments:
Post a Comment