KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan
kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel
1.3 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam nove
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional
2.2 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan penjelasan dan ajakan
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan editorial/opinin tentang konflik sosial, politik,
ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan hidup
2.5 Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyajikan cerita fiksi dalam novel
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami struktur
dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
baik melalui lisan maupun tulisan
3.3
Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengevaluasi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara
lisan maupun tulisan
4.3
Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
|
0 comments:
Post a Comment