KELAS XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan
kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama
1.3 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk berekspresi
2.2 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk bercerita ulang
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menyampaikan paparan
2.5 Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa
Indonesia untuk menyampaikan penjelasan
|
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakatdan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami struktur
dan kaidah teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
3.3
Menganalisis teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengevaluasi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan ulasan/reviu film/drama berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan
maupun tulisan
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan ulasan/reviu film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik yang
akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
4.3
Menyunting teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah baik secara lisan
maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan ulasan/reviu film/drama baik secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan ulasan/reviu film/drama ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur
dan kaidah baik secara lisan maupun tulisan
|
0 comments:
Post a Comment