KELAS : X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Memilikimotivasiinternal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap
toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalammemilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis
dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
3. Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Memilih dan
menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengankarakteristik
permasalahanyang akandiselesaikan dan memeriksakebenaran langkah-langkahnya..
3.2 Mendeskripsikan dan
menganalisiskonsep nilai mutlak dalam persamaandan pertidaksamaan
sertamenerapkannyadalam pemecahan masalah nyata.
3.3 Mendeskripsikan
konsep sistem persamaanlinierdua dan tigavariable sertapertidaksamaan
linierdua variabel dan mampu menerapkan berbagai strategiyangefektif dalam
menentukan himpunan penyelesaiannyasertamemeriksa kebenaran jawabannyadalam
pemecahan masalah matematika.
3.4 Mendeskripsikan
konsep matriks sebagai representasi numerik dalam kaitannyadengan konteks nyata.
3.5 Mendeskripsikan
operasi sederhanamatriks serta menerapkannyadalam pemecahan masalah.
3.6 Mendeskripsikan
daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan
yangdisajikan dalam berbagai bentuk (grafik, himpunan pasangan terurut, atau
ekspresi simbolik)
3.7 Mengidentifikasi
relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang merupakan fungsi.
3.8 Memprediksipola
barisan dan deret aritmetika dan geometri atau barisan lainnya melalui
pengamatan dan memberikan alasannya.
3.9 Mendeskripsikan
berbagai bentuk ekspresiyang dapat diubah menjadi persamaan kuadrat.
3.10 Mendeskripsikan
persamaan dan fungsi kuadrat, memilih strategi dan menerapkan untuk
menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat sertamemeriksakebenaran
jawabannya.
3.11 Menganalisisfungsi
danpersamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah kontekstual.
3.12 Menganalisisgrafik
fungsi dari dataterkait masalah nyata dan menentukan model matematika berupa
fungsi kuadrat.
3.13 Mendeskripsikan
konsep jarakdan sudut antartitik, garis dan bidang melalui demonstrasi
menggunakan alat peraga atau media lainnya.
3.14 Mendeskripsikan
konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku melalui penyelidikan
dan diskusi tentang hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam
beberapa segitiga siku- siku sebangun.
3.15 Menemukan
sifat-sifat dan hubunganantar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-
siku.
3.16 Mendeskripsikan
dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut disetiap
kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan
matematika.
3.17 Mendeskripsikan
konsep fungsi Trigonometri dan menganalisisgrafik fungsinya serta menentukan
hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut-sudut istimewa.
3.18 Mendeskripsikan konsep
limit fungsi aljabar dengan menggunakan konteks nyata dan menerapkannya.
3.19 Merumuskan aturan
dansifat limitfungsi aljabar melaluipengamatan contoh-contoh.
3.20 Mendeskripsikan
berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau diagram/plotyangsesuai untuk
mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui analisis
perbandingan berbagai variasi penyajian data.
3.21 Mendeskripsikan
data dalam bentuk tabel atau diagram/plottertentuyangsesuai dengan informasi
yang ingin dikomunikasikan.
3.22 Mendeskripsikan
konsep peluangsuatu kejadian menggunakan berbagai objek nyata dalam suatu
percobaan menggunakan frekuensi relatif.
3.23 Mendeskripsikan
dan menganalisisaspek-aspek sederhana argumentasi logis yang digunakan dalam
matematikayangsudah dipelajari, seperti penalaran induktif dan deduktif,
hipotesis dan simpulan dalam deduksi logis, dan contoh penyangkal
|
4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
4.1 Menyajikan masalah
nyata menggunakan operasi aljabar berupaeksponen dan logaritma
sertamenyelesaikannyamenggunakan sifat- sifat dan aturanyangtelah terbukti
kebenarannya.
4.2 Menerapkan konsep
nilaimutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linierdalam memecahkan masalah
nyata.
4.3 Membuat model matematikaberupapersamaan
dan pertidaksamaan linear duavariabelyang melibatkan nilai mutlak dari
situasi nyatadan matematika, sertamenentukan jawab dan menganalisismodel
sekaligus jawabnya.
4.4 Menggunakan SPLDV,
SPLTV dan sistem pertidaksamaan linear duavariabel (SPtLDV) untuk menyajikan
masalah kontekstual dan menjelaskan maknatiapbesaran secaralisan maupun
tulisan.
4.5 Membuat model
matematikaberupaSPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari situasi nyata dan matematika,
sertamenentukan jawab dan menganalisismodel sekaligus jawabnya.
4.6 Menyajikan model
matematika dari suatu masalah nyata yang berkitan dengan matriks.
4.7 Menerapkan daerah
asal, dan daerah hasil fungsi dalam menyelesaikan masalah.
4.8 Menyajikan
hasilmenemukan pola barisan dan deret dan penerapannyadalam penyelesaian
masalah sederhana.
4.9 Mengidentifikasi
dan menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan
masalah nyatadan menjelaskannyasecaralisan dan tulisan.
4.10 Menyusun model
matematika dari masalah yangberkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat dan
menyelesaikan serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.11 Menggambardan
membuat sketsagrafik fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan data
yangditentukan dan menafsirkan karakteristiknya.
4.12 Mengidentifikasi
hubungan fungsional kuadratik dari fenomenasehari-hari dan menafsirkan
maknadari setiap variabelyang digunakan.
4.13 Menggunakan
berbagai prinsip bangun datar dan ruangsertadalam menyelesaikan masalah
nyataberkaitan dengan jarak dan sudutantara titik, garis dan bidang.
4.14 Menerapkan
perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah.
4.15 . Menyajikan
grafik fungsi trigonometri.
4.16 Memilih
strategiyang efektif dan menyajikan model matematika dalammemecahkan masalah
nyatatentanglimit fungsi aljabar.
4.17 Menyajikan data
nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan
informasi yang ingin dikomunikasikan.
4.18 Menyajikan hasil
penerapan konsep peluang untuk menjelaskan berbagai objek nyata melalui
percobaan menggunakan frekuensirelatif.
4.19
Menganalisisaspek-aspek sederhana argumentasi logisyangdigunakan dalam
matematikayangsudah dipelajari dan dalam kehidupan sehari-hari.
|
0 comments:
Post a Comment