Get Adobe Flash player

KI DAN KD MATEMATIKA KURIKULUM 2013


KELAS : X

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia


2.1 Memilikimotivasiinternal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalammemilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.


3. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.


3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengankarakteristik permasalahanyang akandiselesaikan dan memeriksakebenaran langkah-langkahnya..
3.2 Mendeskripsikan dan menganalisiskonsep nilai mutlak dalam persamaandan pertidaksamaan sertamenerapkannyadalam pemecahan masalah nyata.
3.3 Mendeskripsikan konsep sistem persamaanlinierdua dan tigavariable sertapertidaksamaan linierdua variabel dan mampu menerapkan berbagai strategiyangefektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannyasertamemeriksa kebenaran jawabannyadalam pemecahan masalah matematika.
3.4 Mendeskripsikan konsep matriks sebagai representasi numerik dalam kaitannyadengan konteks nyata.
3.5 Mendeskripsikan operasi sederhanamatriks serta menerapkannyadalam pemecahan masalah.
3.6 Mendeskripsikan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan yangdisajikan dalam berbagai bentuk (grafik, himpunan pasangan terurut, atau ekspresi simbolik)
3.7 Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang merupakan fungsi.
3.8 Memprediksipola barisan dan deret aritmetika dan geometri atau barisan lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya.
3.9 Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresiyang dapat diubah menjadi persamaan kuadrat.
3.10 Mendeskripsikan persamaan dan fungsi kuadrat, memilih strategi dan menerapkan untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat sertamemeriksakebenaran jawabannya.
3.11 Menganalisisfungsi danpersamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah kontekstual.
3.12 Menganalisisgrafik fungsi dari dataterkait masalah nyata dan menentukan model matematika berupa fungsi kuadrat.
3.13 Mendeskripsikan konsep jarakdan sudut antartitik, garis dan bidang melalui demonstrasi menggunakan alat peraga atau media lainnya.
3.14 Mendeskripsikan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku melalui penyelidikan dan diskusi tentang hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku- siku sebangun.
3.15 Menemukan sifat-sifat dan hubunganantar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.16 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut disetiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika.
3.17 Mendeskripsikan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisisgrafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut-sudut istimewa.

3.18 Mendeskripsikan konsep limit fungsi aljabar dengan menggunakan konteks nyata dan menerapkannya.
3.19 Merumuskan aturan dansifat limitfungsi aljabar melaluipengamatan contoh-contoh.
3.20 Mendeskripsikan berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau diagram/plotyangsesuai untuk mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui analisis perbandingan berbagai variasi penyajian data.
3.21 Mendeskripsikan data dalam bentuk tabel atau diagram/plottertentuyangsesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan.
3.22 Mendeskripsikan konsep peluangsuatu kejadian menggunakan berbagai objek nyata dalam suatu percobaan menggunakan frekuensi relatif.
3.23 Mendeskripsikan dan menganalisisaspek-aspek sederhana argumentasi logis yang digunakan dalam matematikayangsudah dipelajari, seperti penalaran induktif dan deduktif, hipotesis dan simpulan dalam deduksi logis, dan contoh penyangkal


4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


4.1 Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupaeksponen dan logaritma sertamenyelesaikannyamenggunakan sifat- sifat dan aturanyangtelah terbukti kebenarannya.
4.2 Menerapkan konsep nilaimutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linierdalam memecahkan masalah nyata.
4.3 Membuat model matematikaberupapersamaan dan pertidaksamaan linear duavariabelyang melibatkan nilai mutlak dari situasi nyatadan matematika, sertamenentukan jawab dan menganalisismodel sekaligus jawabnya.
4.4 Menggunakan SPLDV, SPLTV dan sistem pertidaksamaan linear duavariabel (SPtLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan maknatiapbesaran secaralisan maupun tulisan.
4.5 Membuat model matematikaberupaSPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari situasi nyata dan matematika, sertamenentukan jawab dan menganalisismodel sekaligus jawabnya.
4.6 Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkitan dengan matriks.
4.7 Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil fungsi dalam menyelesaikan masalah.
4.8 Menyajikan hasilmenemukan pola barisan dan deret dan penerapannyadalam penyelesaian masalah sederhana.
4.9 Mengidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyatadan menjelaskannyasecaralisan dan tulisan.
4.10 Menyusun model matematika dari masalah yangberkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat dan menyelesaikan serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.11 Menggambardan membuat sketsagrafik fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan data yangditentukan dan menafsirkan karakteristiknya.
4.12 Mengidentifikasi hubungan fungsional kuadratik dari fenomenasehari-hari dan menafsirkan maknadari setiap variabelyang digunakan.
4.13 Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan ruangsertadalam menyelesaikan masalah nyataberkaitan dengan jarak dan sudutantara titik, garis dan bidang.
4.14 Menerapkan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah.
4.15 . Menyajikan grafik fungsi trigonometri.
4.16 Memilih strategiyang efektif dan menyajikan model matematika dalammemecahkan masalah nyatatentanglimit fungsi aljabar.
4.17 Menyajikan data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan.

4.18 Menyajikan hasil penerapan konsep peluang untuk menjelaskan berbagai objek nyata melalui percobaan menggunakan frekuensirelatif.
4.19 Menganalisisaspek-aspek sederhana argumentasi logisyangdigunakan dalam matematikayangsudah dipelajari dan dalam kehidupan sehari-hari.




Ditulis Oleh : Unknown ~ alias Maksum

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul KI DAN KD MATEMATIKA KURIKULUM 2013 yang ditulis oleh Bocah Rumbia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Bocah Rumbia

0 comments:

Post a Comment

Back to top