Get Adobe Flash player

KI DAN KD K13 MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERBARU


KELAS: XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.


2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.


3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.


3.1 Mendeskripsikan konsep sistem persamaan dan pertidaksamaan linierduavariabel dan menerapkannyadalam pemecahan masalah program linear.
3.2 Menerapkan proseduryangsesuai untuk menyelesaikan masalah program linear terkait masalah nyata dan menganalisiskebenaran langkah-langkahnya.
3.3 Menganalisisbagaimanamenilai validitas argumentasi logisyangdigunakan dalam matematikayangsudah dipelajari terkait pemecahan masalah program linier.

3.4 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dasar operasi matriks dan sifat-sifat operasi matriks serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
3.5 Mendeskripsikan konsep fungsi dan menerapkan operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)pada fungsi.
3.6 Menganalisiskonsep dan sifat suatu fungsi dan melakukan manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan fungsi invers.
3.7 Mendeskripsikan dan menganalisissifat suatu fungsi sebagai hasil operasi dua atau lebih fungsi yang lain..
3.8 Mendeskripsikan konsep komposisi fungsi dengan menggunakan konteks sehari-hari dan menerapkannya.
3.9 Mendeskripsikan konsep barisan tak hinggasebagai fungsi dengan daerahasal himpunan bilangan asli.
3.10 Menganalisissifat duagaris sejajar dan saling tegak lurus dan menerapkannyadalam menyelesaikan masalah.
3.11 Mendeskripsikan dan menganalisisaturan sinus dan kosinus serta menerapkannyadalam menentukan luas daerahsegitiga.
3.12 Mendeskripsikan dan menggunakan berbagai ukuran pemusatan, letak dan penyebaran data sesuai dengan karakteristik datamelaluiaturan dan rumus sertamenafsirkandan mengkomunikasikannya.
3.13 Mendeskripsikan dan menerapkan berbagai aturan pencacahan melalui beberapa contoh nyataserta menyajikan alur perumusan aturan pencacahan (perkalian, permutasi dankombinasi) melalui diagram ataucaralainnya.
3.14 Menerapkan berbagai konsepdan prinsip permutasi dan kombinasi dalam pemecahan masalah nyata.
3.15 Mendeskripsikan konsep ruang sampel dan menentukan peluangsuatu kejadian dalam suatu percobaan.

3.16 Mendeskripsikan dan menerapkan aturan/ rumus peluangdalam memprediksiterjadinyasuatu kejadian dunia nyatasertamenjelaskanalasan- alasannya..
3.17 Mendeskripsikan konsep peluangdan harapan suatu kejadian dan menggunakannyadalam pemecahan masalah.
3.18 Mendeskripsikan konsep persamaan lingkaran dan menganalisissifat garis singgunglingkaran dengan menggunakan metode koordinat.
3.19 Mendeskripsikan konsep dan kurvalingkaran dengan titik pusat tertentu dan menurunkan persamaan umumlingkaran dengan metodekoordinat.
3.20 Menganalisissifat-sifat transformasigeometri (translasi, refleksi garis,dilatasi dan rotasi) dengan pendekatan koordinat dan menerapkannyadalam menyelesaikan masalah.
3.21 Mendeskripsikan konsep turunan dengan menggunakan konteks matematik atau konteks lain dan menerapkannya.
3.22 Menurunkan aturan dan sifat turunan fungsialjabar dari aturan dan sifat limitfungsi.
3.23 Memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah dunia nyatadan matematikayangmelibatkan turunan dan integral tak tentu dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
3.24 Mendeskripsikan konsep turunan dan menggunakannyauntukmenganalisisgrafik fungsi dan mengujisifat-sifatyangdimiliki untuk mengetahui fungsi naik dan fungsi turun.
3.25 Menerapkan konsep dansifat turunan fungsi untuk menentukangradien garis singgungkurva, garis tangen, dangaris normal.
3.26 Mendeskripsikan konsep dan sifat turunan fungsi terkaitdan menerapkannyauntuk menentukan titik stasioner (titik maximum, titik minimum dan titik belok).
3.27 Menganalisisbentuk model matematikaberupa persamaan fungsi, sertamenerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dalam memecahkan masalah maximum dan minimum.
3.28 Mendeskripsikan konsep integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikandari turunan fungsi.
3.29 Menurunkan aturan dan sifat integral tak tentu dari aturan dan sifat turunan fungsi.


4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


4.1 Merancang dan mengajukan masalah nyata berupa masalah program linear, dan menerapkan berbagai konsep dan aturanpenyelesaian sistem pertidaksamaan linier dan menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi selidik yang ditetapkan..
4.2 Memadu berbagai konsep dan aturan operasi matriks dan menyajikanmodel matematika dari suatu masalah nyata dengan memanfaatkan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahannya.
4.3 Mengolah data masalah nyata dengan menerapkan aturan operasi dua fungsi atau lebih dan menafsirkan nilai variabel yang digunakan untuk memecahkan masalah.
4.4 Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalammemecahkan masalah nyataterkaitfungsiinvers dan invers fungsi.
4.5 Merancangdan mengajukan masalah dunia nyatayangberkaitan dengan komposisifungsi dan menerapkan berbagai aturan dalam menyelesaikannya.
4.6 Menerapkan konsep barisan dan deret tak hingga dalam penyelesaian masalah sederhana.
4.7 Menganalisiskurva-kurvayangmelalui beberapatitik untuk menyimpulkan berupa garis lurus, garis-garis sejajar, ataugaris-garis tegaklurus.
4.8 Merancangdan mengajukan masalah nyata terkaitluas segitiga danmenerapkan aturan sinusdan kosinus untukmenyelesaikannya.
4.9 Menyajikan dan mengolah data statistik deskriptif kedalam tabel distribusi dan histogram untuk memperjelas dan menyelesaikan masalahyangberkaitan dengan kehidupan nyata.
4.10 Memilih dan menggunakan aturan pencacahan yangsesuai dalam pemecahan masalah nyata sertamemberikan alasannya.
4.11 Mengidentifikasi masalah nyatadan menerapkan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah tersebut.
4.12 Mengidentifikasi, menyajikan model matematika dan menentukan peluangdan harapan suatu kejadian dari masalah kontektual.
4.13 Mengolah informasi darisuatu masalah nyata, mengidentifikasi sebuahtitik sebagai pusat lingkaranyangmelaluisuatu titik tertentu, membuat model matematikaberupapersamaan lingkaran dan menyelesaikan masalah tersebut.
4.14 Merancangdan mengajukan masalah nyata terkaitgaris singgunglingkaran serta menyelesaikannyadengan melakukan manipulasi aljabar dan menerapkan berbagai konsep lingkaran.
4.15 Menyajikan objek kontekstual, menganalisis informasi terkaitsifat-sifat objek dan menerapkan aturan transformasi geometri (refleksi, translasi, dilatasi, dan rotasi) dalam memecahkan masalah.
4.16 Memilih strategiyang efektif dan menyajikan model matematika dalammemecahkan masalah nyatatentangturunanfungsi aljabar.
4.17 Memilih strategiyang efektif dan menyajikan model matematika dalammemecahkan masalah nyatatentangfungsi naikdan fungsi turun.
4.18 Merancangdan mengajukan masalah nyatasertamenggunakan konsep dan sifat turunan fungsi terkaitdalam titik stasioner (titik maximum,titikminimum dan titik belok)
4.19 Menyajikan data dari situasinyata, memilih variabel dan mengkomunikasikannyadalam bentuk model matematikaberupapersamaan fungsi, sertamenerapkankonsep dan sifat turunan fungsi dalam memecahkan masalah maximum dan minimum.
4.20 Memilih strategiyang efektif dan menyajikan model matematika dalammemecahkan masalah nyatatentangintegral taktentu dari fungsi aljabar.

Ditulis Oleh : Unknown ~ alias Maksum

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul KI DAN KD K13 MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERBARU yang ditulis oleh Bocah Rumbia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Bocah Rumbia

0 comments:

Post a Comment

Back to top