Get Adobe Flash player

KI DAN KD Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013

KELAS XII

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

1.  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya


1.1 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada hari akhir.
1.2 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada qada dan qadar.
1.3 Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan pernikahan.
1.4 Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melakukan pembagian harta warisan.
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9) : 119 dan Q.S. Lukman (31): 14 serta hadits terkait.
2.2 Menunjukkan perilaku hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait.
2.3 Menunjukkan sikap kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.

menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.


 Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait.
2.4 Menunjukkan perilaku saling menasihati dan berbuat baik (ihsan)sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits terkait.
2.5 Menunjukkan sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari akhir.
2.6 Menunjukkansikap optimis, berikhtiar dan bertawakal sebagasi cerminan dari kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT.
2.7 Menunjukkansika semangat melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan sebagai implementasi dari pemahaman dan perkembangan Islam di dunia.


3.  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.


3.1 Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.2 Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits tentang saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
3.3 Memahami makna iman kepada hari akhir.
3.4 Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar.
3.5 Memahami hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan.
3.6 Memahami ketentuan pernikahan dalam Islam.
3.7 Memahami hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
3.8 Memahami ketentuan waris dalam Islam.
3.9 Memahami strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
3.10 Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia.


4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159; sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan lancar.
4.2.1 Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 denagn lancar.
4.3 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Hari Akhir .
4.4 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT.
4.5 Menyajikan hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan.
4.6 Memperagakan tata cara pernikahan dalam Islam.
4.7 Menyajikan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
4.8 Mempraktikkan pelaksanaan pembagian waris dalam Islam.
4.9 Mendeskripsikan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
4.10 Mendeskripsikan faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia.


Ditulis Oleh : Unknown ~ alias Maksum

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul KI DAN KD Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 yang ditulis oleh Bocah Rumbia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Bocah Rumbia

0 comments:

Post a Comment

Back to top