KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1 Menghayati keteladanan para pemimpin
dalam mengamalkan ajaran agamanya.
1.2 Menghayati keteladanan para pemimpin
dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli
terhadap berbagai hasil budaya pada zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam.
2.2 Meneladani sikap dan tindakan cinta
damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam
mengatasi masalah sosial dan lingkungannya.
2.3 Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam
mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah.
|
3. Memahami ,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1 Memahami dan menerapkan konsep berpikir
kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah.
3.2 Memahami corak kehidupan masyarakat pada
zaman praaksara.
3.3 Menganalisis asal-usul nenek moyang
bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid).
3.4 Menganalisis berdasarkan tipologi hasil
budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.
3.5 Menganalisis berbagai teori tentang
proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di
Indonesia.
3.6 Menganalisis karakteristik kehidupan
masyarakat, pemerintahan, dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan
Hindu-Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
3.7 Menganalisis berbagai teori tentang
proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.
3.8 Menganalisis karakteristik kehidupan
masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan Islam di
Indonesia dan menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Menyajikan informasi mengenai
keterkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik ) , sinkronik,
ruang, dan waktu dalam sejarah .
4.2 Menyajikan hasil penalaran mengenai
corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan.
4.3 Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari
informasi mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero
Melayu dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan.
4.4 Menalar informasi mengenai hasil budaya
Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan
menyajikannya dalam bentuk tertulis.
4.5 Mengolah informasi mengenai proses masuk
dan perkembangan kerajaan Hindu-Buddha dengan menerapkan cara berpikir kronologis,
dan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta
mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
4.6 Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk
tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa
kerajaan Hindu-Buddha dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada masa kini.
4.7 Mengolah informasi mengenai proses masuk
dan perkembangan kerajaan Islam dengan menerapkan cara berpikir kronologis,
dan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta
mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
4.8 Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk
tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa
kerajaan Islam dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada
masa kini.
|
0 comments:
Post a Comment