KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan
bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap
toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa
ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Mendeskripsikan konsep sistem persamaan
dan pertidaksamaan linierduavariabel dan menerapkannyadalam pemecahan masalah
program linear.
3.2 Menerapkan proseduryangsesuai untuk
menyelesaikan masalah program linear terkait masalah nyata dan
menganalisiskebenaran langkah-langkahnya.
3.3 Menganalisisbagaimanamenilai validitas
argumentasi logisyangdigunakan dalam matematikayangsudah dipelajari terkait
pemecahan masalah program linier.
3.4 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep
dasar operasi matriks dan sifat-sifat operasi matriks serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
3.5 Mendeskripsikan konsep fungsi dan
menerapkan operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian)pada fungsi.
3.6 Menganalisiskonsep dan sifat suatu
fungsi dan melakukan manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan
fungsi invers.
3.7 Mendeskripsikan dan menganalisissifat
suatu fungsi sebagai hasil operasi dua atau lebih fungsi yang lain..
3.8 Mendeskripsikan konsep komposisi fungsi
dengan menggunakan konteks sehari-hari dan menerapkannya.
3.9 Mendeskripsikan konsep barisan tak
hinggasebagai fungsi dengan daerahasal himpunan bilangan asli.
3.10 Menganalisissifat duagaris sejajar dan
saling tegak lurus dan menerapkannyadalam menyelesaikan masalah.
3.11 Mendeskripsikan dan menganalisisaturan
sinus dan kosinus serta menerapkannyadalam menentukan luas daerahsegitiga.
3.12 Mendeskripsikan dan menggunakan
berbagai ukuran pemusatan, letak dan penyebaran data sesuai dengan
karakteristik datamelaluiaturan dan rumus sertamenafsirkandan
mengkomunikasikannya.
3.13 Mendeskripsikan dan menerapkan berbagai
aturan pencacahan melalui beberapa contoh nyataserta menyajikan alur
perumusan aturan pencacahan (perkalian, permutasi dankombinasi) melalui
diagram ataucaralainnya.
3.14 Menerapkan berbagai konsepdan prinsip
permutasi dan kombinasi dalam pemecahan masalah nyata.
3.15 Mendeskripsikan konsep ruang sampel dan
menentukan peluangsuatu kejadian dalam suatu percobaan.
3.16 Mendeskripsikan dan menerapkan aturan/
rumus peluangdalam memprediksiterjadinyasuatu kejadian dunia
nyatasertamenjelaskanalasan- alasannya..
3.17 Mendeskripsikan konsep peluangdan
harapan suatu kejadian dan menggunakannyadalam pemecahan masalah.
3.18 Mendeskripsikan konsep persamaan
lingkaran dan menganalisissifat garis singgunglingkaran dengan menggunakan
metode koordinat.
3.19 Mendeskripsikan konsep dan
kurvalingkaran dengan titik pusat tertentu dan menurunkan persamaan
umumlingkaran dengan metodekoordinat.
3.20 Menganalisissifat-sifat
transformasigeometri (translasi, refleksi garis,dilatasi dan rotasi) dengan
pendekatan koordinat dan menerapkannyadalam menyelesaikan masalah.
3.21 Mendeskripsikan konsep turunan dengan
menggunakan konteks matematik atau konteks lain dan menerapkannya.
3.22 Menurunkan aturan dan sifat turunan
fungsialjabar dari aturan dan sifat limitfungsi.
3.23 Memilih dan menerapkan strategi
menyelesaikan masalah dunia nyatadan matematikayangmelibatkan turunan dan
integral tak tentu dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
3.24 Mendeskripsikan konsep turunan dan
menggunakannyauntukmenganalisisgrafik fungsi dan
mengujisifat-sifatyangdimiliki untuk mengetahui fungsi naik dan fungsi turun.
3.25 Menerapkan konsep dansifat turunan
fungsi untuk menentukangradien garis singgungkurva, garis tangen, dangaris
normal.
3.26 Mendeskripsikan konsep dan sifat
turunan fungsi terkaitdan menerapkannyauntuk menentukan titik stasioner
(titik maximum, titik minimum dan titik belok).
3.27 Menganalisisbentuk model
matematikaberupa persamaan fungsi, sertamenerapkan konsep dan sifat turunan
fungsi dalam memecahkan masalah maximum dan minimum.
3.28 Mendeskripsikan konsep integral tak
tentu suatu fungsi sebagai kebalikandari turunan fungsi.
3.29 Menurunkan aturan dan sifat integral
tak tentu dari aturan dan sifat turunan fungsi.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1 Merancang dan mengajukan masalah nyata
berupa masalah program linear, dan menerapkan berbagai konsep dan
aturanpenyelesaian sistem pertidaksamaan linier dan menentukan nilai optimum
dengan menggunakan fungsi selidik yang ditetapkan..
4.2 Memadu berbagai konsep dan aturan
operasi matriks dan menyajikanmodel matematika dari suatu masalah nyata
dengan memanfaatkan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahannya.
4.3 Mengolah data masalah nyata dengan
menerapkan aturan operasi dua fungsi atau lebih dan menafsirkan nilai
variabel yang digunakan untuk memecahkan masalah.
4.4 Memilih strategi yang efektif dan
menyajikan model matematika dalammemecahkan masalah nyataterkaitfungsiinvers
dan invers fungsi.
4.5 Merancangdan mengajukan masalah dunia
nyatayangberkaitan dengan komposisifungsi dan menerapkan berbagai aturan
dalam menyelesaikannya.
4.6 Menerapkan konsep barisan dan deret tak
hingga dalam penyelesaian masalah sederhana.
4.7 Menganalisiskurva-kurvayangmelalui
beberapatitik untuk menyimpulkan berupa garis lurus, garis-garis sejajar,
ataugaris-garis tegaklurus.
4.8 Merancangdan mengajukan masalah nyata
terkaitluas segitiga danmenerapkan aturan sinusdan kosinus
untukmenyelesaikannya.
4.9 Menyajikan dan mengolah data statistik
deskriptif kedalam tabel distribusi dan histogram untuk memperjelas dan
menyelesaikan masalahyangberkaitan dengan kehidupan nyata.
4.10 Memilih dan menggunakan aturan
pencacahan yangsesuai dalam pemecahan masalah nyata sertamemberikan
alasannya.
4.11 Mengidentifikasi masalah nyatadan
menerapkan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
tersebut.
4.12 Mengidentifikasi, menyajikan model
matematika dan menentukan peluangdan harapan suatu kejadian dari masalah
kontektual.
4.13 Mengolah informasi darisuatu masalah
nyata, mengidentifikasi sebuahtitik sebagai pusat lingkaranyangmelaluisuatu
titik tertentu, membuat model matematikaberupapersamaan lingkaran dan
menyelesaikan masalah tersebut.
4.14 Merancangdan mengajukan masalah nyata
terkaitgaris singgunglingkaran serta menyelesaikannyadengan melakukan
manipulasi aljabar dan menerapkan berbagai konsep lingkaran.
4.15 Menyajikan objek kontekstual,
menganalisis informasi terkaitsifat-sifat objek dan menerapkan aturan
transformasi geometri (refleksi, translasi, dilatasi, dan rotasi) dalam
memecahkan masalah.
4.16 Memilih strategiyang efektif dan
menyajikan model matematika dalammemecahkan masalah nyatatentangturunanfungsi
aljabar.
4.17 Memilih strategiyang efektif dan
menyajikan model matematika dalammemecahkan masalah nyatatentangfungsi
naikdan fungsi turun.
4.18 Merancangdan mengajukan masalah
nyatasertamenggunakan konsep dan sifat turunan fungsi terkaitdalam titik
stasioner (titik maximum,titikminimum dan titik belok)
4.19 Menyajikan data dari situasinyata,
memilih variabel dan mengkomunikasikannyadalam bentuk model
matematikaberupapersamaan fungsi, sertamenerapkankonsep dan sifat turunan
fungsi dalam memecahkan masalah maximum dan minimum.
4.20 Memilih strategiyang efektif dan
menyajikan model matematika dalammemecahkan masalah nyatatentangintegral
taktentu dari fungsi aljabar.
|
0 comments:
Post a Comment