BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Kegiatan belajar mengajar
yang berhasil dicerminkan oleh siswa dalam bentuk nilai hasil belajar setiap
mata pelajaran. Peningkatan motivasi hasil belajar dapat dilihat dari nilai
hasil belajar. Pada semester ke I (satu) Tahun Pelajaran 2009/2010 belum
mencapai ketuntasan belajar yang ditetapka oleh sekolah , hal ini disebabkan
oleh penggunaan metode pembelajaran yang belum tepat pada pembelajaran. dalam
proses pembelajaran yang dilaksanakan penggunaan metode sangat berpengaruh
terhadap keberhasilan proses pembelajaran itu sendiri.
Hasil ulangan mata pelajaran IPA kelas V dari
3 kali ulangan harian menunjukan menurunnya hasil belajar siswa. Dari data yang
ada hanya 10 orang dari 30 siswa di kelas V yang hasil belajarnya mencapai 70 %
ke atas. Dari hal tersebut di atas penulis perlu melakukan Penelitian Tindakan
Kelas dengan tujuan ingin peningkatan penguasaan hasil belajar khususnya mata
pelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Identifikasi Masalah
Dalam 3 kali tes formatif yang dilaksanakan,
hanya 10 orang dari 30 siswa di kelas, yang nilai hasil belajarnya menurun
mencapai 70 % ke atas pada mata pelajaran IPA dan selama proses pembelajaran
berlangsung jarang siswa yang mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan
terhadap penjelasan guru. Atas dasar tersebut di atas penulis meminta bantuan
teman sejawat dan supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari
pembelajaran yang dilaksanakan.
Dari hasil diskusi dengan teman sejawat dan supervisor
terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran antara lain :
a.
Siswa tidak dapat
menjawab pertanyaan guru.
b.
Kurangnya motivasi
belajar dari guru.
c.
Ada
anak yang tidak dapat menyelesaikan tugas.
d.
Beberapa anak lamban
menyelesaikan tugas.
Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan dengan
benar.Untuk File Lengkapnya Klik Disini
0 comments:
Post a Comment