Get Adobe Flash player

Contoh PKP MTK Kelas V


BAB  I.
  PENDAHULUAN


1.    Latar Belakang

Kegiatan belajar mengajar yang berhasil dicerminkan oleh siswa dalam bentuk nilai hasil belajar setiap mata pelajaran. Peningkatan motivasi hasil belajar dapat dilihat dari nilai hasil belajar. Pada semester ke I (satu) Tahun Pelajaran 2009/2010 hasil ulangan mata pelajaran Matematika kelas V dari 3 kali ulangan harian menunjukan menurunnya hasil belajar siswa terhadap setiap mata pelajaran. Dari data yang ada hanya 10 orang, dari 30 siswa di kelas V yang diprediksi hasil belajarnya menurun mencapai 70 % ke atas. Dari hal tersebut di atas penulis perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan ingin peningkatan motivasi penguasaan hasil belajar khususnya mata pelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

2.    Identifikasi Masalah

Dalam 3 kali tes formatif yang dilaksanakan, hanya 11 orang dari 30 siswa di kelas, yang nilai hasil belajarnya menurun mencapai 70 % ke atas pada mata pelajaran Matematika selama proses pembelajaran berlangsung jarang siswa yang mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru. Atas dasar tersebut di atas penulis meminta bantuan teman sejawat dan supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan.

Dari hasil diskusi dengan teman sejawat dan supervisor terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran antara lain :
a.       Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru.
b.      Kurangnya motivasi belajar dari guru.
c.       Ada anak yang tidak dapat menyelesaikan tugas.
d.      Beberapa anak lamban menyelesaikan tugas.
e.       Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan dengan benar.

1.      Analisis Masalah

Melalui dengan teman sejawat dan supervisor diketahui bahwa faktor penyebab menurunya penguasaan materi pelajaran yang diajarkan adalah :
a.       Penyampaian materi pelajaran terlalu cepat.
b.      Penyampaian materi pelajaran terlalu abstrak
c.       Menurunya perhatian siswa
d.      Penyampaian materi pelajaran kurang rinci
e.       Pemberian tugas jarang dilakukan

B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang dan identifikasi masalahi yang didapat kemudian merumuskan masalah perbaikan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Membuat Rencana Perbaikan Pembelajaran dengan menyusun Rencana Pembelajaran 1 (RP 1) mata pelajaran Matematika kelas V dengan mengambil judul :”Penggunaan alat peraga model make a mctch dalam pembalajaran untuk menanamkan konsep  mengalikan berbagai bentuk pecahan Kelas V  SDN 1 Gaya Baru II Kecamatan Seputih sura Baya”.
2.      Meminta bantuan teman sejawat  guru SDN 1 Gaya Baru II Kecamatan Seputih sura Baya Kabupaten Lampung Tengah untuk mengamati proses pembelajaran dalam melaksanakan  perbaikan pembelajaran
     3.   Menentukan tahapan-tahapan pelaksanaan perbaikan

Siklus    I
     -    Memperesiapkan rencana perbaikan memilih sumber dan bahan
     -    Menentukan metode pembelajaran yang tepat dengan materi pembelajaran
     -    Membuat lembar observasi kegiatan  siswa
     -    Menetapkan waktu pelaksanaan dan menganalisa hasil pembelajaran

Untuk File Lengkapnya Silahkan Klik Disini

Ditulis Oleh : Unknown ~ alias Maksum

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Contoh PKP MTK Kelas V yang ditulis oleh Bocah Rumbia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Bocah Rumbia

0 comments:

Post a Comment

Back to top