BAB I.
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Kegiatan belajar mengajar
yang berhasil dicerminkan oleh siswa dalam bentuk nilai hasil belajar setiap
mata pelajaran. Peningkatan motivasi hasil belajar dapat dilihat dari nilai
hasil belajar. Pada semester ke I (satu) Tahun Pelajaran 2009/2010 hasil
ulangan mata pelajaran Matematika kelas V dari 3 kali ulangan harian menunjukan
menurunnya hasil belajar siswa terhadap setiap mata pelajaran. Dari data yang
ada hanya 10 orang, dari 30 siswa di kelas V yang diprediksi hasil belajarnya
menurun mencapai 70 % ke atas. Dari hal tersebut di atas penulis perlu
melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan ingin peningkatan motivasi
penguasaan hasil belajar khususnya mata pelajaran yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang telah ditentukan.
2. Identifikasi Masalah
Dalam 3 kali tes formatif yang dilaksanakan, hanya
11 orang dari 30 siswa di kelas, yang nilai hasil belajarnya menurun mencapai
70 % ke atas pada mata pelajaran Matematika selama proses pembelajaran
berlangsung jarang siswa yang mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan
terhadap penjelasan guru. Atas dasar tersebut di atas penulis meminta bantuan
teman sejawat dan supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari
pembelajaran yang dilaksanakan.
Dari hasil diskusi dengan teman sejawat dan supervisor
terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran antara lain :
a.
Siswa tidak dapat
menjawab pertanyaan guru.
b.
Kurangnya motivasi
belajar dari guru.
c.
Ada
anak yang tidak dapat menyelesaikan tugas.
d.
Beberapa anak lamban
menyelesaikan tugas.
e.
Siswa tidak dapat
menjawab pertanyaan dengan benar.
1.
Analisis Masalah
Melalui dengan teman sejawat dan supervisor diketahui bahwa
faktor penyebab menurunya penguasaan materi pelajaran yang diajarkan adalah :
a.
Penyampaian materi
pelajaran terlalu cepat.
b.
Penyampaian materi
pelajaran terlalu abstrak
c.
Menurunya perhatian
siswa
d.
Penyampaian materi
pelajaran kurang rinci
e.
Pemberian tugas jarang
dilakukan
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang dan
identifikasi masalahi yang didapat kemudian merumuskan masalah perbaikan
pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1.
Membuat Rencana
Perbaikan Pembelajaran dengan menyusun Rencana Pembelajaran 1 (RP 1) mata
pelajaran Matematika kelas V dengan mengambil judul :”Penggunaan alat peraga
model make a mctch dalam pembalajaran untuk menanamkan konsep mengalikan berbagai bentuk pecahan Kelas V SDN 1 Gaya Baru II Kecamatan Seputih sura Baya”.
2.
Meminta bantuan teman
sejawat guru SDN 1 Gaya Baru II
Kecamatan Seputih sura Baya Kabupaten Lampung Tengah untuk mengamati proses
pembelajaran dalam melaksanakan
perbaikan pembelajaran
3. Menentukan tahapan-tahapan
pelaksanaan perbaikan
Siklus I
-
Memperesiapkan rencana perbaikan memilih sumber dan bahan
-
Menentukan
metode pembelajaran yang tepat dengan materi pembelajaran
-
Membuat lembar observasi kegiatan
siswa
-
Menetapkan waktu pelaksanaan dan menganalisa hasil pembelajaranUntuk File Lengkapnya Silahkan Klik Disini
0 comments:
Post a Comment