KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan
kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi
1.3 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan sikap
tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan
kebijakan publik
2.2 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk bernegosiasi dalam perundingan
2.5 Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa
Indonesia untuk memaparkan pendapat mengenai konflik sosial, politik,
ekonomi, dan kebijakan publik
|
3.
Memahami ,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3
Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan
maupun tulisan
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang
akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
4.3
Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
0 comments:
Post a Comment