KELAS: XI
|
||
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Menghayati perilaku
yang sesuai dengan prinsip-prinsip solidaritas yang dilandasi ajaran agama
dan kepercayaan yang dianutnya
1.2 Mengamalkan isi
pasal 28E dan 29 ayat 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1.3 Menghayati
persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama dan kepercayaan,
gender, golongan, budaya, dan suku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara
|
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Mengamalkan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.2 Menghayati
nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.3 Mengamalkan
nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan
(ipoleksosbudhankam dan hukum).
2.4 Menghayati berbagai
dampak dan bentuk ancaman terhadap negara dalam mempertahankan Bhinneka
Tunggal Ika.
2.5 Menghayati budaya
demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat dan kesadaran
bernegara kesatuan dalam konteks NKRI.
|
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Menganalisis kasus pelanggaran HAM dalam rangka pelindungan, pemajuan, dan
pemenuhan HAM
3.2
Menganalisis pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara
dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
3.3
Menganalisis perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
3.4
Menganalisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian
negara, dan pemerintahan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
3.5
Menganalisis praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk
menjamin keadilan dan kedamaian
3.6
Menganalisis kasus pelanggaraan hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga
negara
3.7
Menganalisisstrategi yang telah diterapkan oleh negara dalam mengatasi
ancaman untuk membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.8
Menganalisis dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara
sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
3.9
Menganalisis macam-macam budaya politik di Indonesia
|
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menyaji hasil análisis tentang kasus pelanggaran HAM dalam pelindungan,
pemajuan, dan pemenuhan HAM
4.2
Menyaji hasil kajian pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
4.3
Menyaji hasil análisis tentang perkembangan demokrasi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
4.4
Menyaji hasil analiasis tentang sistem pembagian kekuasaan pemerintahan
negara, kementerian negara dan pemerintahan daerah menurut Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.5 Menyaji hasil
analisis praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan
kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.6 Menyaji hasil
analisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga
negara
4.7 Menyaji hasil
análisis tentang strategi untuk mengatasi ancaman terhadap negara dalam
membangun integrasi nasional dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.8 Menyaji hasil
análisis tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan
bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
4.9 Menyaji hasil
analisis tentang budaya politik di Indonesia
4.10 Menyaji hasil
análisis tentang perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
4.10.1 Berinteraksi
dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan
menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
4.10.2 Menyaji bentuk
partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan
nasional
|
KI dan KD PKn Kurikulum 2013
Oleh Unknown
Ditulis Oleh : Unknown ~ alias Maksum
Anda sedang membaca artikel berjudul KI dan KD PKn Kurikulum 2013 yang ditulis oleh Bocah Rumbia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Bocah Rumbia
Widget by : M2T2
0 comments:
Post a Comment